Selalu Gagal Menggunakan Alat Tes Masa Subur? Mungkin Ini Penyebabnya

Ilustrasi alat deteksi masa subur wanita
October 16, 2021 admin 0 Comments

Apakah Anda selalu mendapatkan hasil negatif ketika menggunakan alat deteksi masa subur wanita? Sebaiknya jangan langsung berpikiran buruk terlebih dahulu karena meski terkenal akurat, ada beberapa hal yang menyebabkan hasil dari alat tes masa subur selalu negatif.

Berikut akan kita bahas beberapa penyebabnya.

  1. Melakukan Tes Di Waktu Yang Tidak Tepat

Sebagai informasi, alat tes masa subur mendeteksi kadar LH dalam tubuh yang biasanya akan meningkat sekitar 24 sampai 48 jam sampai masa subur tiba. Dengan kata lain, jika melakukan tes di waktu yang tidak tepat, besar kemungkinan akan mendapat hasil negatif.

Memprediksi naiknya kadar LH memang bukan hal yang mudah. Karena bisa terjadi lebih cepat dari yang Anda perkirakan atau bisa juga terjadi di waktu yang sudah kita duga namun hanya dalam waktu yang lebih singkat.

Lalu bagaimana cara untuk mengatasi hal tersebut?  Anda bisa menyiasatinya dengan melakukan tes sebanyak dua kali dalam sehari. Disarankan untuk memilih waktu beberapa hari sebelum perkiraan Anda dan beri jeda 10 jam antara tes pertama dan kedua. 

Jangan lupa juga memastikan kalau Anda sudah menggunakan alat tes masa subur dengan benar sesuai aturan.

  1. Kurang Memahami Siklus Menstruasi Diri Sendiri

Kurangnya pemahaman terhadap siklus menstruasi diri sendiri juga bisa menjadi salah satu penyebab hasil negatif yang Anda dapatkan.

Proses tes menggunakan  alat tes masa subur ini tidak perlu setiap hari dilakukan. Waktu paling baik untuk menggunakannya adalah di pertengahan masa menstruasi Anda.

Sebaiknya amati siklus menstruasi Anda dalam waktu 6 bulan sebelum kembali   menggunakan alat tes masa subur. Hal ini dilakukan agar Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Memiliki Masalah Dengan Kesehatan

Point ini bisa jadi merupakan hal  yang paling tidak diinginkan untuk terjadi.  Tapi perlu diketahui kalau salah satu penyebab gagalnya penggunaan alat tes masa subur adalah adanya masalah kesehatan terutama pada organ reproduksi.

Masalah kesehatan yang terjadi pada organ reproduksi ini bisa membuat hasil tes yang   keluar menjadi tidak sesuai dengan situasi yang sebenarnya. Salah satu contoh masalah kesehatan yang bisa ditemui adalah kista ovarium atau PCOS.

Selain kista pada bagian ovarium, keluarnya hasil negatif dari alat tes masa subur bisa juga disebabkan oleh kebiasaan buruk yang tanpa disadari sering kita lakukan . Misalnya saja melakukan olahraga dengan kelewat  intens, memiliki gangguan makan dan sering merasa stress.

Sekian dulu pembahasan mengenai penyebab sering gagal dalam menggunakan alat deteksi masa subur wanita.

Semoga informasi ini memberikan banyak manfaat bagi Anda yang membacanya.

Leave a Reply:

Your email address will not be published. Required fields are marked *