Memilih Kapasitas Genset Untuk Berbagai Bangunan

kapasitas genset
February 11, 2021 admin 0 Comments

Genset saat ini sudah seperti menjadi kebutuhan pokok yang ada pada berbagai macam bangunan. Barang ini menjadi sangat membantu bagi tempat yang masih terasa susah untuk mendapatkan aliran jaringan listrik maupun ketika ada pemadaman dari PLN. Namun, dalam pembeliannya juga perlu untuk mengetahui kapasitas genset yang dibutuhkan oleh bangunan tersebut.

Menghitung Watt Genset yang Dibutuhkan Bangunan

Dalam penggunaannya, sebelum membeli genset perlu untuk mengetahui seberapa besar keperluan untuk aliran listrik yang dibutuhkan agar dapat mengetahui kapasitas genset yang akan dibeli. Biasanya, untuk bangunan dalam rumah pada umumnya menggunakan jenis genset portable dengan kapasitas di dalamnya sebesar 1.000 hingga 10.000 kVA dan untuk bangunan dengan kebutuhan yang lebih besar kapasitasnya tentu juga lebih besar angkanya. Namun, sebelum membeli sebaiknya mengetahui seberapa besar tepatnya kapasitas genset yang diinginkan. Hal ini dapat dihitung dengan besaran kVA dan juga kW untuk genset itu sendiri, biasanya yang digunakan yaitu kebanyakan satuan kW karena lebih mudah perhitungannya. Dalam genset itu sendiri, biasanya akan tertera dengan menggunakan satuan kVA dan sementara itu kebutuhan listrik dalam satuan kW dapat dikonversi ke dalam satuan kVA itu sendiri.

Cara menghitung kapasitas genset yang dibutuhkan sendiri yaitu dapat dengan cara menghitung seluruh jumlah daya yang dibutuhkan dari berbagai alat yang menggunakan listrik yang terpasang. Setelah itu, hitunglah kebutuhan beban puncak yang telah dicapai dalam beberapa periode tertentu yang sudah ditentukan. Hal ini biasanya dapat dinilai pada jumlah dengan tertinggi penggunaan alat dengan memasangkan kepada listrik. Kemudian, lihat seberapa besar perbandingan dari beban puncak tadi dengan jumlah seluruh kebutuhan listrik. Ketika seluruh angka ini diketahui, dapat menghitung kebutuhan dari kapasitas untuk daya genset yang akan digunakan. Setelah menghitung kebutuhannya, kemudian hitung kapasitas genset yang perlu untuk dibeli sebagai pemenuhan kebutuhan aliran listrik tadi. Dengan mengetahui kapasitas ini, nantinya akan mempermudah untuk pembelian dari genset itu sendiri serta menghindari salah beli dari genset yang diinginkan sehingga tidak lebih besar atau lebih sedikit dari jumlah kebutuhan aliran listrik yang harus dipenuhi dalam bangunan tersebut.

Leave a Reply:

Your email address will not be published. Required fields are marked *