Bagaimana menghadapi tantangan dan solusi ecommerce marketing?

ecommerce marketing
March 22, 2020 admin 0 Comments

E-commerce marketing adalah salah satu bagian yang paling penting untuk menambah bisnis. E-commerce marketing terbesar dan sukses adalah website e-commerce. Ini juga beriring dengan meningkatnya jumlah orang yang melakukan pembelanjaan secara online terutama di Indonesia. Tetapi ada beberapa hal yang dihadapi oleh para ecommerce, ini adalah bagian dari tantangan dan bagaimana mereka mencari solusi ecommerce marketing. Tantangan-tantangan yang terjadi biasanya karena ada beberapa hal:

  1. Perilaku dari pembeli

Tantangan yang pertama adalah datang dari pembeli, bagaimana perilaku dari pembeli yang berbeda-beda. Budaya yang melekat di Indonesia tentang belanja bervariasi ada yang punya perspektif bahwa belanja adalah sebuah hiburan atau membeli sesuatu di super market atau lainnya. Selanjutnya juga tentang kepuasaan pembeli ketika membeli barang online sehingga barang yang dibeli harus dicoba agar sesuai dengan ekspektasinya.

  1. Belum memadainya infrastruktur

E-commerce marketing erat kaitannya dengan infrastruktur misalnya internet atau lainnya. Ini akan ikut mempengaruhi sistem pembayaran sehingga solusi ecommerce marketing untuk tantangan yang satu ini harus lebih ditingkatkan apalagi pengguna untuk kartu kredit yang ada di Indonesia masih sangat terbatas. Untuk e-commerce juga ada yang melakukan pembayaran melalui paypal sedangkan pembeli masih sangat minim informasi terkait ini.

  1. Tidak terlalu aman

Masyarakat yang ada terutama untuk Indonesia masih belum terlalu percaya dengan belanja online atau melakukan transaksi secara online. Solusi ecommerce marketing untuk masalah ini selalu dicari karena semakin maraknya penipuan online yang terjadi.

  1. Sosialisasi

Para ecommerce marketing kadang jarang yang melakukan sosialisasi atau memberikan informasi bahwa dengan belanja online akan mendapat banyak keuntungan mulai dari tidak perlu ke toko, bisa dibeli kapan saja, hemat waktu dan sebagainya. Ini sangat penting untuk dilakukan agar pembeli di Indonesia dapat merasa aman ketika berbelanja secara online dan ini cara untuk mendapatkan kepercayaan dari pembeli.

  1. Memanfaatkan social media sebagai social commerce

Social media juga dapat dimanfaatkan untuk penjualan yang berbentuk ecommerce marketing. Ini akan lebih mudah untuk mendapatkan pembeli. Biasanya pembeli yang suka atau puas dengan barang online yang dibeli akan disebar luaskan di sosial media dan juga bisa menambah pemasaran dari hal ini.

Leave a Reply:

Your email address will not be published. Required fields are marked *