Tips Merawat Genset Silent

lampu dari genset
September 29, 2019 admin 0 Comments

Sama seperti peralatan pada umumnya, mesin Genset Silent ini juga butuh perawatan yang prima, agar mesin dapat bekerja dengan baik, dan pastinya awet. Untuk sistem perawatan mesin ini sendiri terbilang tidak terlalu sulit. Yang harus Anda lakukan adalah beberapa hal berikut :

  1. Pastikan genset dioperasikan dengan benar 

Agar mesin awet, Anda sebaiknya mengoperasikan mesin tersebut secara baik dan benar. Untuk itu, Anda perlu membaca dulu, buku petunjuk mengenai cara penggunaannya. Didalam buku tersebut, tentunya tertera instruksi pasti, dan langkah-langkah tepat, untuk mengoperasikan mesin tersebut.

  1. Jika ada hal yang janggal, segera matikan genset

Ketika Anda menyalakan mesin tersebut, kemudian terasa ada hal yang janggal, baik dari suara yang tidak seperti biasanya, atau hal lainnya, sebaiknya langsung matikan Genset Silent tersebut. Lalu cek ulang kondisi genset, jika kurang paham, ada baiknya jika Anda menghubungi pihak mekanik yang ada.

  1. Letakkan genset di tempat yang aman

Walaupun ini adalah Genset Silent, tetap saja, letakkan genset di tempat yang aman. Seperti letakkan genset di tempat yang benar-benar datar, jauh dari air, terik matahari, serta hal lain yang berisiko membuat genset jadi rusak.

  1. Pastikan genset selalu bersih 

Jaga kebersihan genset, agar kinerjanya maksimal. Anda dapat membersihkan secara berkala bagian radiator, dan yang lainnya, terutama dari debu dan hal lainnya. Terutama jika tidak digunakan dalam jangka waktu lama.

  1. Ganti spare part genset secara berkala

Ganti spare part genset secara berkala, terutama genset yang sering digunakan. penggunaan spare part yang sama, dalam jangka waktu lama, akan membuat kinerja mesin jadi kurang maksimal. Selain sparepart, Anda juga sebaiknya mengecek dan mengganti kabel-kabel lawas yang terlihat usang.

  1. Operasikan genset pada ruangan dengan sirkulasi udara baik

Walaupun ini adalah Genset Silent, tetap saja, Anda harus meletakkan dan mengoperasikan genset tersebut, pada ruangan yang sistem sirkulasi udaranya baik. Agar gas buang dari sisa pembakaran genset dari knalpot, terbuang dengan baik. Hal ini dilakukan untuk kesehatan pengguna, serta untuk mencegah mesin genset tidak cepat panas.

  1. Pastikan bahan bakar tidak kosong

Sesaat sebelum dioperasikan, pastikan bahan-bakar dari alat tersebut, cukup. Jika tidak, maka Genset Silent akan cepat rusak.

Tidak lupa, Anda juga sebaiknya memanaskan genset secara berkala, walaupun Genset Silent ini tidak digunakan. Setidaknya selama 5 hingga 15 menit, agar sistem pembakaran tetap terjaga dengan baik.

Leave a Reply:

Your email address will not be published. Required fields are marked *