Tantangan E Commerce Logistics Companies

e-commerce logistics services
September 16, 2019 admin 0 Comments

Keberadaan perusahaan penunjang logistik suatu bisnis e commerce atau e commerce logistics companies akan sangat meringankan dan juga membantu perkembangan bisnis e commerce. Seiring perkembangan bisnis e commerce yang kian pesat dan makin meningkatnya jumlah transaksi belanja online maka e-commerce logistics services companies juga akan menghadapi tantangan yang makin besar juga. Berikut beberapa diantaranya.

Definisi E Commerce Logistics Companies

E commerce logistics companies adalah suatu layanan perusahaan yang secara khusus menangani sistem logistik dari suatu transaksi bisnis e commerce atau transaksi bisnis yang berbasis internet, yakni yang meliputi fungsi penyimpanan barangnya atau pergudangan, juga fungsi pemeliharaan produknya hingga ke fungsi pengiriman atau penyalurannya ke tangan pembeli atau konsumen.

Tantangan e commerce logistics companies.

Selain pemain lama yang sudah ada, kini juga makin banyak pemain baru yang terjun ke bidang e commerce logistics ini. Adapun berbagai tantangan yang harus dihadapi kini dan nanti ke depannya itu adalah meliputi hal-hal sebagai berikut ini.

Efisiensi Biaya Administrasi

Menekan biaya administrasi dalam sistem inventaris stok barang dan juga pencatatan spesifikasinya juga manajemen keluar masuknya barang ini selalu menjadi tantangan klasik, baik itu untuk sistem logistik yang melayani perusahaan offline maupun yang secara online, yakni e commerce company. Sebagai perusahaan yang berbasis internet maka tuntutan akan efisiensi dari segi administrasinya juga akan semakin tinggi. Perusahaan e commerce akan sangat memerlukan data seakurat mungkin mengenai stok produknya dari waktu ke waktu se up to date mungkin, yang antara lain sangat berguna untuk menentukan strategi harga dan juga pengadaan promo dan iklannya guna pemasarannya.

Efisiensi Pergudangan dan Manajemen Pemesanan

Semakin cepat arus keluar masuk barang akan semakin bagus, karena tidak akan perlu waktu lama barang di stok di gudang, yang menimbulkan konsekuensi semakin tinggi dan membengkaknya biaya pemeliharaan produknya. 

Efisiensi Biaya Pengiriman atau Distribusinya

Hal yang tak kalah pentingnya juga adalah dalam hal efisiensi biaya pengiriman barangnya, yakni produk harus bisa dikirim dengan tepat waktu secepat mungkin, dalam kondisi yang baik dan tepat sesuai pesanan serta dalam biaya yang sehemat mungkin. Tantangan terbesar terjadi pada saat peak season, yakni ketika jumlah transaksi pemesanan mencapai puncaknya seperti pada saat akhir tahun, atau saat terjadinya promo besar-besaran atau saat diadakannya sale dan lain sebagainya. Kemampuan untuk mengirim produk pesanan dengan biaya yang serendah mungkin ini akan sangat menentukan kesuksesan e commerce logistics companies, terutama dalam menghadapi para pesaingnya. Customer akan bisa dengan sangat mudah berpindah kepada perusahaan jasa e commerce logistic yang menawarkan harga yang lebih murah  tanpa berpikir panjang mengenai kualitas service atau pelayanannya, itulah kecenderungannya, baru nanti setelah terjadi masalah baru hal mengenai kualitas service tersebut kemudian menjadi pertimbangannya. 

Seharusnya mengenai kualitas pelayanan itu yang menjadi pertimbangan utama karena akan sangat menentukan kesuksesan bisnis e commerce di masa mendatang dalam jangka panjang dan menyangkut juga segi profesionalitas perusahaan.

Demikianlah tantangan e commerce logistics companies itu, yang rata-rata masih memakan sekitar 25% dari total biaya bisnis e commerce.

Leave a Reply:

Your email address will not be published. Required fields are marked *